Minggu, 23 Juni 2013

BANJIR

Benernya kejadian ini uda 1/2 taon yang lalu, tapi karna mo nulis ga sempet2 akhirnya baru ditulis sekarang :P


14 januari 2013
 

 06.00 pagi

Semaleman ujan n pukul 06.30 langit masih mendung.
Liat di jendela kamar... ehmm  kali depan apt teluk intan kok tinggi bener ya n sifat emak2 mulai kalut n nyuruh anak2 jangan sekolah aja mendingan, cuma susah dah punya anak2 auban cuma demen ke sekolah padahal kaga ada demen2nya belajar



08.00 pagi

Gue ke skul kek biasa bawain bekal anak2 wahhh beneran aje jalanan di tubagus angke mulai keliatan banjir sebetis geto...ngomel ga berenti2 ma misua gara2 die ikut2an auban anterin anak2 skul udahannya gua turun mobil jadi harus ngobok di aer ga jelas isinya apa aja hikkss...
Tiap ngelangkah yang ada cuma rasa geli n jijay campur aduk jadi satu.
Di skul sibuk mikir ntar kita gimane pulangnya gimana neh hikkss....


13.00 siang


Tambah desperado air makin tinggi aje, banjir di jalanan depan uda selutut n jalanan macet...makin binun pulang arus gimana....tapi emang gue disayang Tuhan banget, si rini mo anterin gue pulang sampe bela2in pulang tuker xenia pake pajero biar bisa anterin gue pulang meski banjir selutut di depan...tengkiu begete ya rini lo bae banget dah :) mmuachh...
Dalem ati gua sibuk komat kamit ngucap syukur...thx God yg selalu ngerti masalah yang kita hadapin en selalu sediain jalan keluar yang kita ga duga2


14.00 lewat dikit


Aneh lewatin daerah aladin teluk gong yang biasanya biang banjir ehh kering kerontang.
Sampe rada mikir bener tadi bukan mimpi kan liat tubagus angke banjir selutut.
Begitu sampe apt taro tas dll langsung buru2 ngibrit kebawah ke indomaret langsung borong telor, abon dll. Indomaret masih sepi n barang2 masih lengkap soalnya yang heboh belanja cuma gue....penghuni apt yang laen lagi pada sibuk nonton tv, dengerin lagu. 

Sempet ketemu tetangga di indomaret, gue ngasih tau ke dia kalo tubagus angke banjir selutut kalo bisa stock makanan buat jaga2, eh dia rada bingung seh denger gue dikira gue ngigo soalnya kalo ada banjir biasanya kan teluk gong duluan, cuma akhirnya die beli 1 pak telor jg.

Jadi rada ragu ape gue yang terlalu berlebihan ye kalutnya, soalnya daerah teluk gong bener2 kering cuma whatever dah besok kalo masih banjir gue bakal bolosin anak2 gue


15 januari 2013


Semaleman kaga molor sibuk liatin kali di depan, biar bolosnya punya alesan tepat hehehehe
ternyata pagi2 di whatzup sama emak2 almasih emang sekolah diliburin gara2 tubagus angke n jelambar masih banjir....
horeee libur tlah tiba libur tlah tiba hahhahaha emak2 mah emang paling demen ama libur...searian jadi ada waktu buat nyuci n beres2in rumah.
Kondisi teluk gong masih kering kerontang, misua masih bisa ke kantor kek biasa...gue ampe diketawain misua dianggep terlalu uring2an soal banjir. Cuma whatever deh gue tetep maksa misua buat markir di bagian atas jangan di basement ato di parkiran di lapangan yang lebih rendah. Ga tau napa kok perasaan gue ga enakk banget makanya sampe kuatir kaya gene.


16 januari 2013


Teluk gong masih kering n adem ayem, tapi gue tetep ngerasa kudu jaga2 jadi gue stock makanan2 kaleng n aqua.


17 januari 2013


06.00 pagi


Tetangga di apt mulai heboh katanya teluk gong banjirrrr.....Liat dari atas parkiran di lapangan mulai banjir semata kaki.



Gua turun ke bawah pikiran mo coba ke indomaret mo beli makanan kaleng beberapa biji lg buat stock...cuma ga salah neh panjang bangettttt antrian di indomaret. Orang2 belanja versi kalap apa aja dibeli. 
Gua coba ke tempat jual aqua uda habis....ya uda gua naek lage ke atas kasih tau misua kalo dibawah kalut banget n dengan berbagai cara akhirnya gue berhasil maksa misua buat ga berangkat kerja neh ari. Trus gue juga suruh misua pindahin motor dari basement ke parkiran atas, tadinya misua masih ngeyel aje susah auban abis...tapi udahannya pindahin juga dia



09.00 pagi


Mati lampu tapi apt kan ada genset jadi lampu tetep bisa nyala kaya biasa. Liat dari atas parkiran di lapangan mulai banjir sebetis, orang2 mulai kalut pindah2in mobil ke tempat yang lebih tinggi.
Misua ngajak kita turun ke bawah buat liat keadaan dibawah gimana. 
Indomaret mulai kosong sisa barang2 ga bisa dimakan kaya rinso dll tapi masih ramee . Gua cek ke toko beras masih ada stock beras en uda ga ngantri kaya tadi, jadi gue pesen 1 karung beras buat jaga2 aja.
Misua manggil2 nyuruh gua liat ke bawah ke rumah penduduk disamping apt teluk intan.....
HAH ampe ga percaya liatnya orang2 yang tinggal disana banjirnya uda seleher, katanya tadi pagi2 tiba2 air masuk n cepet banget naeknya dari sebetis, selutut, sepinggang en saat gue liat uda seleher. Ngeliat keadaan mereka yang miris gitu kita harus ngerasa bersyukur banget masih bisa pake baju yang kering , masih punya banyak makanan , aer dll

 





12.00 lewat


Beli makanan di foodcourt , orang2 dibawah pada ngeliat2 ke basement gedung sebelah.
Jadi penasarin apaan seh yang diintip2 ....gedung sebelah belon kelar dibangun baru jadi basementnya doang n dibuat connecting ama basement gedung kita supaya bisa dipake buat parkir...misua udahannya ikut ngintip en nanya2 ke mereka apa yang diintip. 
Akhirnya misua kasih tau ke gua kalo basement gedung sebelah keisi aer karena belon kelar gedungnya jadi air bisa masuk ke basement ( kurang lebih kek gitu gua juga ga gitu ngerti benernya ). Nah cilakanya kan basement gedung sebelah itu connecting ama basement gedung kita jadi air bisa ngalir ke basement gedung kita juga, tapi katanya di pintu connecting uda dibikin tembok darurat yang baru dibuat kemaren dan yang katanya juga tembok itu bisa kapan aja jebol kalo aer makin tinggi soalnya tekanan aer makin gede jg.....hahahha lemes dengernya jg kan.
Kelar makan gue buru2 nyuci piring, nyuci baju, tampung2 aer di ember tau dah ati kok makin ga enak aja.






17.00 sore

 
Misua n anak masih tenang2 aja masih bisa tidur siang. Gua mah sibuk liatin kenapa banjir di lapangan ga surut2 malah makin tinggi aja. Sekarang mobil2 yang parkir di lapangan yang keliatan sisa atapnya doang. Untung misua gue denger omongan gua ga markir mobil disana. 
Tiba2 ada orang lari2 di tangga darurat pake toa tereak2 tapi ga jelas ngomong apa soalnya sambil lari2 turun tangga. Udahannya gue keluar gue cegat tuh orang gue tanya ngomong apaan tadi? ( hehehe nanya tapi galak ya ) ternyata dia tereak2 nyuruh orang2 apt yang naro mobil di basement buruan pindah2in soalnya tembok darurat uda mau jebol. 
Astaga beneran mo jebol temboknya??? trus kalo tembok jebol gimana??? otak gue ampe makin mumetttttt.
Gua liat dari atas orang2 sibuk mindah2in mobil ke atas, diatas padahal juga uda ga ada tempat lagi, uda penuh semua. 













19.00 

   
Langit mulai gelap...tiba2 lampu n lift mati, katanya biar ga konslet kalo aer di basemen masuk ....oke ga masalah gue pikir yang penting masih ada ada air. Lagian lampu di lorong masih nyala.

Ga lama kedengeran suara kenceng bangetttt....gue yg di lantai 8 bisa denger jelas banget, langsung kasih tau misua apa uda jebol temboknya???
N bener tuh tembok darurat uda jebol jadi air uda masuk ke basement kita....mobil2 n motor2 di basement yang ga dinaekin ke parkiran atas uda pada ngapung smua... 


21.00 


Lampu di lorong juga mati, katanya abis bensin buat gensetnya....keadaan apt gelap gulita.
 
Untung anak2 suka minta beli lilin buat praktek ipa jadi ga gelap2 amat mayan buat ke wc dll. 

Yang jadi masalah air juga mati jadi stock air kita sisa yang di ember2 hasil tampungan gua tadi sore.  


24.00

 
Misua n anak2 tidur pules, gua mah boro2 bisa tidur...ga lama hp gue bunyi ade gue nelp nanya apt gimana? dia dapet bbm katanya apt teluk intan mo ambruk gedungnya blah blah blah...aizzz bikin gue makin ga bisa tidur ajee yaa.


18 januari 2013




Air n listrik masih mati. Tetangga2 di apt mulai ngungsi, sebagian tetep bertahan.
Kita salah satu yang ikut ngungsi juga udahannya soalnya setelah dipake mandi stock aer kita ludes hehehe. Sebelon pergi semua makanan beku gue goreng2in dulu buat dibawa ngungsi.
Pas mo pergi kita titip kunci n dadah2 dulu ama tetangga yang milih tetep bertahan di apt.
Hari ini secara sah ditetapkan sebagai 

"HARI NGUNGSI BERJAMAAH"




Lewatin jalan keluar dari apt keadaan kacau n macet banget, di depan mobil2 berderet2 parkir sepanjang jalan. Orang2 yang di teluk gong pada sewa2 perahu karet, rumah mereka uda kerendem satu lantai, mereka basah2an jalan sana jalan sini....hikkss...sedih banget ngeliatnya.

Kita ngungsi ke apt season city ( apt kk laki gua), jalan kesono kering jadi lancar2 aja. Sampe sana ke carre4 dulu wahhh rameeeee bok antrian uda kaya gratis aja. Di apt season city uda ada mertua gue beserta anak2nya ikut ngungsi kesana, secara rumah mertua gua di duta mas juga kebanjiran.
Tidurnya kudu gaya di bis kota ayo merapat merapat tapi minimal disini ada listrik n air, buat orang yang punya anak kek gua yaa susah banget kalo ga ada listrik n air.


19 januari 2013


Pagi2 jam 9 gua n misua uda turun ke carre4, takut keburu rame n antri 2 jam kaya kemaren, ternyata kepagian masih gelap gulita, aiz ternyata carre4 n mall baru buka jam 10.00
Bedua muter2 mall season city yang masi gelap gulita ngeliatin orang2 yang lg beres2in barang buat buka toko. Trus akhirnya 5 menit lg carre4nya buka, gua uda siap2 pegang trolley uda siap2 kebut belanja di dalem. Gua suruh laki gue ke kiri gua ke kanan biar cepet hahahha kesannya uda kaya apaan aja ya. 
Trus siangnya anak2 diajakin berenang dibawah. Sometimes dipikir2 miris ya, sebagian orang lagi kalang kabut kebanjiran....eh disini kaya ga ada kejadian apa2 pada berenang dll.

Pas anak2 lagi berenang baru ngeh kalo joanne ari ini b'day...sorry yaaaa maminya ampe lupa sangking streshnya ama banjir. Udahannya turun lagi ke bawah cari2 bakery ga ada yang jual tart , cape dah. Mau ga mau beli yang di dalem carre4, aizz antriannya...untung istri kk laki gue juga lagi belanja jadi bisa nitip dia..pyuh.

Malemnya rayain b'day joanne dianya juga uda ngantuk berat, kecapean berenang tadi.
By the way Happy b'day Joanne 
mommy love u...mmuachhh....mmuachh...

20 januari 2013


Coba liat keadaan apt teluk intan gimana sekarang. Kita ga bisa bawa mobil soalnya jalur keluar masuk apt susah buat dilewatin banyak tenda2 darurat, jadi kita dianterin ampe depan apt trus kita jalan kaki masuk ke dalem. Sampe2 ke indomaret dulu beli pocari mayan enggap jalan kaki dari ujung. Lift masih belon nyala jadi kudu naek pake tangga darurat. Bawa baju tambahan soalnya ga tau kita ngungsi kudu berapa lama lagi. Liat ada beberapa tetangga yang kekeh ga mo ngungsi mereka harus angkat air dari bawah ke atas atau bayar orang buat angkat air.
Balik ke apt season city naek bajaj.
Bobok gaya pepes lage.


21 januari 2013


Misua uda masuk kerja kaya biasa. 
Sore2 dapet sms katanya apt teluk intan airnya uda nyala. Duhh senengnya berarti besok kita uda bisa pulang....home sweet home...


22 januari 2013


Siang2 uda mulai beres2in barang2 buat pulang. Sore begitu misua sampe rumah langsung masuk2in barang2 ke mobil en jalan pulang....happy abis akhirnyaa bisa pulang. Sebelon pulang beli aqua galon n aqua botol dulu, jaga2 takut di apt masih belon jualan aqua. Sampe depan pintu gerbang ughh macett banget ...mobil2 orang teluk gong masih markir berjejer di samping2 jalan trus tenda2 darurat juga masih banyak. Alhasil apt season city - apt teluk intan = dari 17.00 - 19.00 lewat.
Lampu baru nyala ga lama jadi lift uda bisa dipake, cuma mana aernya neh katanya uda nyala ...ternyataa ari ini mati lagi ...gubrakkk....untung dapet tetangga bae kita dibagi aer segalon buat sirem2 ...tengkiu ii ^^
Trus kita juga ambil air  di ujung lorong lantai kita ternyata kebetulan bisa nampung air, jadi mayan deh ga usa turun ke bawah buat ambil air kaya yang lain. Air uda penuh kita bisa bobok dengan tenang.


23 januari 2013


Hari ini anak2 masuk skul kaya biasa. Pulang dari skul semangat 45 bawa2 galon mo isi air lagi di ujung lorong cuma mana neh mas2nya kok kaga ada. Kirain lagi makan siang ya uda gue tunggu sejam balik lagi kok masih kaga ada ya....sejam kemudian masih kaga ada juga...ya ampun nasib nasib...terpaksa gue turun ke bawah ambil aer kaya yang laen. Dorong aer sendirian ampe yang liat pada kesian hihihi bagus jadi ada yang bantuin dikit2 buat masukin galon n keluarin galon dari lift. Di dalem lift barengan ama atu orang maintainaince yang dengan polosnya ngomong air bentar lagi nyala ngapain angkat2 air lagi....huhhhhh pengen gue tonjok kali yaa....mana gue tau air uda mo nyala kenapa kaga diumumin, bikin gue bengek aja angkat2 air dari bawah.
Uda keki kudu berat2 angkat air denger tuh orang ngomong gitu jadi tambah keki....Lebih keki lagi pas masuk ternyata rumah gue banjir hikkss keran lupa dimatiin pas kita cek air uda nyala apa belon...jadi pas nyala airnya ngeluap keluar. Asli dah cape kudu ngepel dulu jadinya. Kelar ngepel gue nyuci baju kotor dulu mumpung uda ada aer. Malemnya bisa tidur tenang karna pikir air uda nyala kaya biasanya.


24 januari 2013


Pagi2 kita ke skul n misua kerja kek biasa. Pulang skul mo mandi loh kok air mati lage??? bener2 deh becanda jangan kek gene dong . Untung gua masih ada air galon yang gua angkat dari bawah kemaren jadi ga mubazir jerih payah gua kemaren. Dirumah kondisi aer kosong total kita pake buat mandi. 
Sore pas misua pulang gue bilang uda makan di ahwa aja toh ga ada air ga bisa cuci piring jg kan. Pikiran ntar malem baru tampung air di bawah deh jam2 segene jg kan rame banget antriannya.
Kelar makan kita liat yang antri air uda sisa dikit trus ga lama ujan lg...trus mana kata satpam airnya jg kecil banget soalnya stock airnya sisa dikit banget...astaga...uda lemes aja pas nunggu lift mana mules pengen boker. Cuma bisa pasrah kalo keadaan kaya gene.
Lagi bengong renungin nasib mo boker pegimane caranya kaga ada aer kaya gene...eh ada engko2 dorong air segerobak nanya kita mo patungan beli air ga? dia beli air kebanyakan soalnya jadi kalo mau ga pa2 dia dorongin sampe lantai kita
aaaaaaaaaaa mauuuuuuuu bangeddddddd...

Ya ampun kadang gua bener2 ga ngerti pertolongan Tuhan itu selalu pas banget yaa saatnya.
Tuhan selalu selesaiin masalah2 gua dengan caraNya yang bener2 gua ga pernah pikirin n caraNya indahhhh bangettttt pokoknya bener2 ajaib.
Tuhan pakai tangan2 orang lain yang sekalipun orang itu ga gua kenal buat tolongin gua. 
Thank you Jesus...love U more and more


25 januari 2013


Air uda nyala normal kaya biasa.
Abis kejadian banjir ini gue jadi jaoh lebih ngerti bersyukur, ngehargain segala hal yang gua punya n nikmatin sekarang, n jaoh lebih pasrahin hidup gua ama rencana2 Tuhan...
Yakin mo gimanapun Tuhan ga akan lepas tangan gua n ngebiarinin gue jalan sendirian :)
Tetangga saat2 kaya begene bener2 kita butuhin banget , mereka bisa lebih ngebantu dari yang kita harapin :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar